November 11, 2019
0
Pemahaman Dukun Di Masyarakat

Dukun/Paranormal/Orang Pintar sering di artikan dengan hal-hal kotor seperti ilmu hitam, ilmu sesat, setan, jin, iblis, anti terhadap Agama, dan lain-lain.

Walau begitu masih banyak masyarakat yang datang ke Dukun atau meminta bantuan ke Dukun dengan harapan segala masalahnya dapat terleselaikan.

Hal ini akan menjadi jalan kesesatan fikir manusia jika tidak diluruskan kembali.

Bahwa Dukun bukanlah hal yang kotor dan sesat melainkan sebuah simbol bahwa orang yang disebut Dukun yang benar benar itu Dukun Asli adalah mereka yang mampu memandang sisi kehidupan dalam sudut pandang yang lain.

Sudut pandang yang dimaksut adalah sebuah pemahaman yang lebih tentang hakekat-hakekat hidup yang mungkin jarang dipahami oleh banyak orang. Dan walaupun orang paham tentang hakekat hidup tetapi orang tersebut masih berada pada lingkaran nafsu duniawinya, secara alami tetap akan lupa akan hakekat hidupnya dan lupa akan kesadaran diri sejatinya.

Sehingga banyak orang cerdas, berpangkat dan kaya raya pun masih membutuhkan yang namanya sosok Dukun sebagai salah satu penasehat maupun pembimbingnya melalui sudut pandang yang tidak bisa dia jangkau.